Rabu, 28 Januari 2009

Liburan…OOOooiii..



Aaahh…….hari ini gue seneng banget,loh..!! Korea lagi liburan musim dingin..Libur telah tiba...!! Libur telah tiba..... Hore...hore.....hore....!!! Simpanlah tas dan bukumu......Hi..hi...hi.... jadi inget lagunya si centil Sherina.... yups..gue serasa nikmatin betul abis lama gak ngerasain hari libur..
Kalo inget kerjaan di pabrik...wah..ampuuun, dech. Sibuk banget.... apalagi lembur...makanya gue ama si Toni hari minggu langsung cabut.. ke YEOSU.... gue di perjalanan sempet bayangin gimana keadaan di sana.. Abis klo di Gwangju, nih....saljunya kenceng banget. Jalan-jalan bagaikan permata yng lembut akibat salju yang menyelimuti..... pohon-pohon gak punya daun... bak patung mati yang melambaikan tangan seraya berkata.... “ Heeii....liat aq....!!! Aq berselimut salju,nih...!!! Cantik,kan....? “ Gue jadi pengen bersyair......dengerin,ya....

Kala putih tiba...
Nampak bak sinar.. cerah..
Bagai malaikat bersayap
Datang melambai Seraya berucap mesra
“ Inilah kuasa yang datang..... sambut ceria
Sambut kehidupan alam
Sambut kedamaian...
maka Bersimpuhlah kau wahai jiwa...!!!
Ucap serta sembah Illahi..
Seraya bersyukurlah kau.... hai mahluk...!!!
Serap makna..... bak serapan kasih...
Niscaya kau pahami.... hakekat rasa... Cinta..”
Oh... alam yang indah berselimut putih
Seputih hati insan yang merindu
Semesra keagungan kasih....sesama.
Inilah alam yang berbicara

Hi...hi..hi.... kok kayanya gak nyambung yach...? Ah... yang penting happy.. ya, gak..he..he..he.. Jadi inget ama Indonesia,dech... inget keluarga, inget sahabat, inget temen... inget semua kenangan selama gue belum berangkat ke Hangguk.Aahh...kampung halaman..kaya apa ya nanti kalo gue dah pulang..? Perjalanan ke Yeosu bener-bener gue nikmatin,dech.. abis gue inget pesen dari sahabat tersayang.... “ Dexxto..elo liburan entar nikmatin aja, ya...!! Kan elo jarang mikirin diri elo,... sekali-kali elo nikmatin liburan elo, dech...!!” Hi..hi...hi... sahabat gue tersayang.. gue bener-bener sayang banget ama elo... he..he..he.. Gue gak bisa dech, kehilangan elo ..wahai sahabat... moga kita tetep abadi, yach...Seabadi persahabatan kita..

Dari Gwangju ke Yeosu memakan waktu sekitar 2 jam lebih naik bis expres. Di kanan kiri nampak pohon-pohon tersaput salju.... sesekali nampak keceriaan di wajah orang-orang yang lalu lalang...berjalan sambil tertawa riang... sambut datangnya tahun baru...sambut datangnya liburan musim dingin.. gue jadi terbawa ama suasana keceriaan.... jadi ikut seneng juga,dech.... hi...hi...hi... Gak terasa dah nyampe Yeosu,nih.... bukit-bukit menjulang mengelilingi. Tetumbuhan amat rindang banget..tapi ahh..pantai...? kok ada pantai,sih...? Ups... gue lupa kalo Yeosu tuh letaknya emang deket ama pantai..... bukan ding..teluk, dech.. kapal-kapal tangker banyak bener, tuh...tyus ada juga kapal pengangkut pasir di samping kapal nelayan yang berjajar rapi bak barisan upacara yang sambut inspeksi dari Komandan Upacara.... Loh....emang gue komandannya, ya...? hi...hi...hi.... Ingatan gue jadi inget ama Sang Kepiting,dech.... masih di laut gak ya...? Apa udah ketemu ya... ama si Ilalang...? he..he..he... umpama dah ketemu tyus ngapain....Si Ilalang dibawa ke laut gak....? Emang bisa berenang ya...? hi...hi...hi.... Sore hari...abis ngilangin penat, nih... iseng-iseng gue duduk-duduk di batu karang di deket laut. Biasa... nikmatin suasana sore hari yang indah, asri en damai... gue ambil cam gue, jepret sana jepret sini layaknya seorang fotografer.Pemandangan landscapenya emang bener-bener bagus.Sayang... di Yeosu gak ada salju... Yeosu kagak seramai Gwangju... Yups, Gwangju emang kota metropolitan... sementara Yeosu cuman sebuah kota kecil. Tapi tetep duiiingiiin...hi...hi...hi... Suasana teluk Yeosu amat indah,loh.. Nampak burung camar terbang berombongan mencari makan.. di kanan kiri pepohonannya juga rindang... Aah kalo inget keheningan gini.. gue jadi betah ngabisin waktu berlama-lama di sini. Gue jadi kerasan merenung.... Introspeksi diri. Betapa kecil diri ini.. betapa diri ini gak berarti dibandingin alam semesta. Bak sebuah noktah kecil di atas kertas.... kecil... hampa... dan tak berarti apapun.....

Duduk sendiri... di sini
kutatap langit
Kucari mimpi-mimpi...
kucumbui senja
Ombak lautan
seakan ikut bicara
Tentang sebuah mimpi....
Yang menyinari hati

Tiba-tiba nampak setitik cahaya di tengah teluk.... kecil...en lama-lama membesar...menuju ke arah gue.... Loh.....!!! Itu kan kapal selam.... kok lutuu banget ya bentuknya... kaya NAUTILUS,dech... kok ada di Korea,ya...? timbul pertanyaan di benak gue... sambil lirik ke kanan kiri gue... jangan-jangan gue ada di...????? Hhiiii.... ngeri dech.....
“ Hhhoooi.....Dhewa....!! Inghet gak ama aq...? “ sesosok mungil muncul dari galangan kapal selam... O..O... itu kan Sang kepiting.... yups.. sang kepiting dateng lagi, tapi hi..hi..hi... gue terkekeh,nich.. masa dia pake... ha..ha..ha... Pake seragam KAPTEN KAPAL SELAM... lengkap dengan tanda pangkat..atribut ama tanda bintang jasa.... Wwaah.. berwibawa banget,dech.... gagah..en bijaksana.. laksana jendral di medan laga.... laksana pahlawan yang baru turun perang... dan meraih kemenangan gilang gemilang... hi...hi...hi..
“ Sang Kepiting...!!! Assalamualaikum, Ndral... he..he..he... kok tau kalo gue di sini...? Sapa yang ngasih tau, Ndral....? “ Gue lagnsung nyerocos ampe gak ngasih kesempatan buat dia ngejawab salam gue... Abis seneng banget, dech...
“ Wa`alaikum salam...Dhewa.. Aq tau kalo kamu di sinhi dari sahabat aq...siapa lagi kalo bukanh Ilalangh tersayangh... dia bilangh kalo kamu lagi ngbisinh waktu di Busanh.. tapi kok nyasar ke Yeosu,sih...? He...he...he...tapi gak papa lagii.. yang penting elo ngabisin liburanh kanh...?”Tanya sangkepiting adem..
“ Iya,nih... elo lagi ngapain,kok pake bawa kapal selam segala,sih...? Mang mo ngajakin gue kemana...? Oowh..pasti abis ngedate ama Ilalang,yach...?” Tanya gue ama senyum...maniiiss banget he...he...he....
“ Gak... aq mo ngajakinh kamu ke dunhia impianh didasar laut... biar kamu tau kalo di dasar laut ada teritory juga... Ayuh..cepetanh.. nhaik kapal..!!!” Perintah sang kepiting mantap...
“ Otre,dech..!! Ayuh... sapa takut..!” Bales gue gak kalah wibawa..Bergegas gue bangkit dari batu karang en langsung lompat... Byuuuuurr..!!!
“ Adduuhh..!” Teriak gue nyaring... abis gue kesandung en jatuh di air laut... hi...hi...hi... ampe lupa kalo di depan gue teluk Yeosu...jadi gue njungkel di air laut..saking semangatnya pengen tau negeri dasar laut...hi...hi...hi... amppuuun,dech...!! Baju cuman atu...gak bawa ganti.... Eh sekarang malah basah kuyup... Gue bangkit sambil megangin badan gue yang sakit abis njungkel..langsung masuk ke badan kapal selam sang kepiting.
“ Ha...ha...ha... kamu tuh emangh gitu yah .. kalo udah senheng ampe lupa kalo di depanh kamu itu laut..” sang kepiting tergelak-gelak ama megangi perutnya. Kapal selam Nautiluspun segera meluncur ke laut lepas setelah sang kepiting masuk. Lambat laun kedalamanpun berubah.. pelan tapi pasti.. namun terlihat pemandangan dasar laut.. gelap.. sunyi..dan hening... Eh...nautilus tuh kapal selam bagus,loh.. di dalamnya nampak segala fasilitas perlengkapan navigasi ultra modern.. komputer, radar,sonar....en karaoke...? Loh... kok karaoke.... (Heeii Dexxto, elo tuh reseh ya...?) Gue denger suara sayup-sayup dari atas sana..protes. he..he..he... suka-suka gue lagii... kan terserah pengarang... hi...hi...hi....
“ The deepest is goods..... please open the window....!!” Suara dari anjungan kapal selam memberi perintah. Owh.. rupanya suara dari komputer pusat komando pengendali kapal. Jendela segera terbuka... otomatis.
“Waaaa..attt...ttaaaa.....” Gue teriak...takjub... Nampak oleh gue sebuah kubah raksasa bening banget...en di dalemnya nampak bangunan-bangunan megah yang kokoh berdiri. Yang bikin heran,nih.. bentuknya futuristik banget gtw. Di kanan kiri bangunan tadi terlihat lorong penghubung.. rupanya saluran udara sekaligus jalan akses antar bangunan,dech.. Tetumbuhan melambai-lambai terkena air laut. Kapal-kapal selam aneka ukuran berseliweran ke sana kemari...kendaraan lainpun terlihat lalu lalang di sepanjang jalan. Hewan-hewan laut asyik dengan aktivitasnya masing-masing. Bahkan terlihat beberapa hewan laut sedang asyik bercengkrama, beberapa nampak duduk-duduk nyante ama baca.... koran...? Hi....hi...hi... Koran apa ya...? Jawa Pos, Kompas, Surya ato Suara Merdeka,tuh...? hi...hi...hi.... pikiran gue ngaco lagi, dech.. Nautiluspun perlahan masuk kubah raksasa.. di sisi dalem kubah, nautilus brenti. Owh... rupanya tempat brenti alias Halte... kok ada halte juga,sih...? Jangan-jangan gue entar pingsan,dech...!! Abisnya kekaguman gue gak abis-abis ngeliat hal-hal yang gak pernah ada di benak gue..Biasa.. KATROK gtw he..he..he..
“ Dah nyhampek nhih Dhewa...ayuh turunh.....
“Hoooiii...!!” Gue kaget ama suara sang kepiting... ampe geragepan,loh.. Segera gue ngikutin langkah sang kepiting yang udah jalan di depan gue.Pintu kapal selampun segera terbuka otomatis. Tapi..... Kok ada udara,ya...? di dalam kubah raksasa ternyata bukan air laut....tapi udara segar.. sama kaya udara yang biasa kita hirup sehari-hari. Tapi kok seger banget ya....Ups gue lupa kalo di sini gak ada pabrik... di sini gak ada mobil,bus,angkot apalagi oplet. He...he...he... Jelas seger karena di laut gak ada pencemaran udara akibat asap kendaraan... gak ada pula efek rumah kaca.. so.. wajar deh, kalo gak ada hal-hal kaya gitu. Gue terus berjalan sambil nikmatin pemandangan. Batin gue jadi inget sahabat gue... tersayang.
(Ini Ra... gue ada di dunia impian,loh..!! He..he..he..) bisik batin gue.

Tiba-tiba sang kepiting berenti di depan sebuah gedung....megah banget. Guepun ikut brenti sambil ngeliatin itu gedung. Nampak tulisan gede banget terpampang di atas plang... WARNET BUAT YANG GAUL... hi...hi...hi... Warnet...? Gue ngelirik sang kepiting..... dia ngedipin mata.
“ Kamu percaya sekarangh...?” Tanya sang kepiting arif. Gue cuman anggukin kepala. Sang kepitingpun nglanjutin langkah...Guepun ngikutin dia...
Jedukk... Aaattooooww....!!. Ups...
“ Sory...sory.. gue gak sengaja...” Ternyata gue nabrak sesosok tubuh mungil... Owwh.. anak kecil yach...
“ Elo gak papa,dek...?” Tanya gue khawatir. Abis gara-gara gue nikmatin pemandangan.. gue nabrak anak kecil yang maen layangan.... he..he..he... Ternyata sosok anak kecil tampan... imuut banget. Pake celana monyet.. terjerembab di depan gue... Dia jatuh karena nabrakin gue. Biasa.. anak kecil saking keasyikan lari-lari maen layangan ampe gak liat kalo ada orang lewat.
“ Elo gak papa kan, dek...?” Tanya gue cemas..
“ Adduuuh... cakit cekali oom... tapi gak papa kok...”Dia ngejawab sambil meringis kesakitan... ama megangin lututnya. Sekejap dia langsung bangkit.. sambil ketawa lagi.
“ Dhewa... kamu tau dia itu sapa....? Dia keponakanh Zeus si Raja laut. Hari inhi Chiko lagi libur dari sekolahnyha. Eh kamu tau gak kalo Si Chiko inhi sekolah di sekolah sihir, loh... Ati-ati dech kamu kalo ama dia... Kalo Chiko sakit ati, bisa-bisa kamu disihir jadi....KUTIL, loh....!!! He...he...he.... “ Kata sang kepiting mantap. Gue gak ngejawab... cuman gue mandangin si anak kecil tadi... ama pikiran gue melayang... takjub. Masa anak sekecil ini pinter sihir,sih...? Jadi kaya Harry Kopter..... Eh.. salah ya... HARRY POTTER ding. Hiii....kalo dia sakit ati tyus dia marah ama gue....tyus gue disihir punya kutil di pipi gue..... waaah.... jadi apa entar...? hi...hi..hi....
“ Oom..lagi ngapain dicini...? kok tumben hali ini ada manucia di dacal laut,ya...? Hi..hi..hi... nyaliin apa oom...? pacal ya...? Namaku CHIKO,Oom.... kalo si oom namanya capa, cee..?”
Si kecil langsung ceplas-ceplos nanya...... he..he..he.. kalo ada yang ceplas-ceplos...gue jadi inget Rara, dech..... ceplas-ceplos...!! Sedang apa dia sekarang ya...? Masih sering bete gak ya...? hi...hi..hi...

“ Gue...? Oowwh gue Dany Dexx Dhewa gitu... elo boleh manggil Dany, Dexxto ato Dhewa gitu... Salam kenal ya Chiko....!!” Bales gue ramah.
“ Yupcy...calam kenal juga Oom Dany....mau jalan-jalan ama pak kepiting,ya.....? Chiko ikutan dunk..!! Boleh, ya..?”
“ Ayuk....tapi gak boleh minta gendong,ya...? Punggung oom masih sakit... abis gendongin kak Rara ke Malang... he..he..he.. tyus Chiko gak boleh minta mainan macem-macem,l oh...!! Tyus gak boleh minta es krim juga...!!” gue ngejawab.. ( Eh...elo tuh emang bener-bener reseh, dech....masak di laut ada mainan ama es krim, sih...?) Lagi-lagi terdengar suara protes dari atas sana....lirih... hi...hi...hi...( suka-suka lagiii..... ) gue jawab suara tadi gak kalah lirih... Akhirnya kita bertiga berangkat,dech..... Pak kepiting nunjukin macem-macem,loh... mulai dari gedung DPR, tyus gedung televisi, gedung universitas.....ampe gedung museum ama kios rokokpun ikutan ditunjukin,loh.... he..he..he.. Guepun nikmatin pemandangan yang sangat menakjubkan di sekitarnya. Gak henti-henti gue berseru kagum.....Ternyata.. keindahan dasar laut emang sangat indah dan menawan,loh....! Gue juga sempat ketemu ama prajurit kerajaan laut..... ama tukang parkir juga sempat kenalan,dech.... namanya kalo gak salah GIMIN,dech.. he...he... Nah pas kita lewat pasar,nih... sempat papasan ama orang yang gak asing lagi.. kalo gak salah namanya SURTI,dech.... disana dia jualan kaos kaki,loh.....( Ngaco,lu...!! ) Eh..pembaca.. elo-elo pada tau gak harga telor ama tomat di pasar sini....? Gak tau,kan....? SAMMAAAA,DONGGG....he..he..he...
Hingga suatu saat................
DUNG.....DUNG.....DUNG......!!!!!!
GERATAK....GERATAK..... ????????????????????????
“ Dhewa........Lariiiii.....!!!!!”
“ Cepat ke Nautilus.........!!! Lariii.....!!!” Sontak gue langsung ngikutin suara yang nyuruh gue lari...secepat kilat... tanpa toleh kiri kanan.. menuju ke kapal selam Nautilus... ampe gak meduliin Chiko, ama sang kepiting...bahkan gue gak nyadar kalo pas lari tadi gue ampe nabrak barang barang pedagang asongan... Pokoknya gue lari, bak maling dikejar hansip, polisi, ama tentara.. he...he...he...Begitu sampe di kapal.....Ternyata sang kepiting ama Chiko udah ada di sana... ngeliatin gue ama ketawa-ketawa.... Eits... kok bisa ya mereka ngeduluin gue...? Khan gue paling cepat tuh larinya.....
“ Cepetanh masuk, Dhewa....!! Kamu harus cepet kembali ke dunhia atas.. Karena di dasar laut lagi ada masalah genting.... Bawa serta Chiko bersama kamu.... kamu harus janjhi...jaga selalu dia....” sang kepiting bicara panjang lebar ke gue begitu gue masuk kapal en sesegera mungkin berangkat ke dunia gue...Dunia atas... dunia yang penuh polusi.. penuh nista.. penuh korupsi en penuh kejahatan. Tapi tetep dunia gue.. dunia yang penuh keceriaan, penuh harapan.. penuh masa depan....dan penuh cinta.. Kapal terasa berguncang-guncang akibat kecepatannya yang penuh... kadang terasa tumbukan antara kapal dengan gelombang air terasa begitu menyeramkan.... kadang pula terdengar suara desingan torpedo dari sisi kiri dan kanan kapal.... ternyata kapal nautilus sedang dikejar,loh.... Waaahh.... serem banget,dech pokoknya... mirip kaya di film-film bioskop,dech...!! Keadaan tetep bertahan seperti itu... Hingga akhirnya.....
“ Hhhhoooooii.......!!”
“ Ngapain ente tidur di batu karang...?”Sebentuk wajah segera terlihat begitu gue membuka mata... samar.. namun akhirnya keliatan jelas.... PEDRO... yah si Pedro dari Arab ngebangunin gue... Ups ternyata gue ketiduran di atas batu karang pinggir pantai.. saking asyiknya nikmatin pemandangan.
“ Ente... bagimana,sih..? Masa ane nyariin ente ampe mbulet dari tadi kagak nemu-nemu... ternyata ente tidur di sini... Tuh.. temen-temen pada nyariin ente... biasa, waktu makan malem,nih..” Gue gak ngejawab tapi langsung bangkit berdiri... en langsung lompat seperti biasa.... Tiba-tiba..... Byurrr........
“Adddduu..duuhh....!!!”
“ Ha...ha...ha....” Gue lupa lagi kalo di depan gue masih banyak batu karang licin... gue jatuh lagi kepeleset... en jatuh gedebukan ama nyebur di laut... Ammppuuuun,dech... kali ini baju gue basah beneran,nih..... Nasib....nasib..... apes mulu,dech... Hi....hi....hi....

Yeosu... 27 Januari 09

by : Dhany
Dexx Dhewa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar